Game edukasi merupakan media pembelajaran yang
sangat populer dan sedang banyak dikembangkan banyak ahli untuk mendukung
proses pembelajaran di dalam kelas. Game
edukasi merupakan sebuah permainan yang bertujuan memancing minat belajar anak
sambil bermain, game edukasi sebenarnya lebih mengacu pada isi dan tujuan game, bukan termasuk dalam genre game yang sebenarnya dan
bertujuan memancing minat anak sambil belajar. Oleh karena itu sangat
diperlukan adanya sebuah media pembelajaran berupa game edukasi yang mampu memberi efek menarik dan
menyenangkan bagi siswa dalam proses pembelajarannya, sehingga siswa mampu
dengan mudah menerima materi yang diberikan oleh para pendidik. Media yang
umumnya masih banyak digunakan saat ini adalah media berupa buku mata
pelajaran. Buku merupakan media konvensional yang masih digunakan hingga saat
ini. Kecenderungan membaca buku mata pelajaran pada siswa cenderung rendah.
Rendahnya minat siswa membaca buku mata pelajaran dikarenakan buku merupakan
media pembelajaran yang monoton, kurang menarik dan membosankan. Hal ini
nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa.
GAME EDUKASI KOMPUTER SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Perbedaan hasil belajar antara siswa yang sistem
pembelajarannya menggunakan media game
edukasi komputer dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan buku.
Pembahasan
berkaitan dengan penggunaan media Game
Edukasi Komputer dalam pembelajaran pada kelompok siswa yang diajar
menggunakan Game Edukasi
Komputer dengan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan Game Edukasi Komputer. Dengan
menggunakan media pembelajaran game edukasi siswa lebih tertarik untuk belajar
karena metode pembelajaran yang ini lebih menarik minat belajar siswa yang akan
berdampak pada hasil belajar, sedangkan jika menggunakan metode pembelajaan
buku siswa akan terkesan cenderung pasif dan lebih mengandalkan guru ceramah di
depan dan akan sangat berdampak pada hasil belajar siswa itu sendiri.
Berdasarkan
materi pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar secara signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media Game
Edukasi Komputer dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media
pembelajaran buku.
penggunaan Game
Edukasi Komputer lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada saat pembelajaran ?
Media
pembelajaran menggunakan Game Edukasi
dapat meningkatkan minat, motivasi, serta kreatifitas siswa dalam belajar.
Penggunaan Game Edukasi pada pembelajaran juga dapat merangsang daya
ingat siswa dan membuat siswa lebih aktif, dengan metode ini siswa akan lebih
mudah mencapai hasil yang memuaskan, siswa lebih bersemangat dan mudah menyerap
materi yang diajarkan. Media pembelajaran harus menjadi tujuan utama sehingga
siswa tertarik untuk mengikuti proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi tidak
membosankan dan monoton.
Di era globalisasi
ini, para pendidik di tuntut mengikuti perkembangan teknologi untuk pembaharuan
dalam dunia pembelajaran. Media Game Edukasi adalah salah satu solusi
metode pembelajaran yang mampu meningkatkan perhatian dan motivasi siswa
sehingga akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.
Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Game Edukasi efektif
untuk meningkatka hasil belajar.
Contoh game yang
sesuai untuk di jadikan media
pembelajaran game edukasi ?
Dalam bahasa Indonesia game artinya permainan.
Game di artikan sebagai
suatu aktivitas yang menyenangkan dan tidak membuat bosan. Berikut contoh
jenis-jenis game
yang bisa dijadikan sebagai game edukasi :
A. Quiz
game
Game ini
sangat dalam cara bermain. Kita di haruskan memilih salah satu jawaban yang
kita anggap benar dari beberapa pilihan jawaban. Di setiap pertanyaan yang
diberikan memang memiliki topik tertentu dan ada juga yang topiknya beragam.
Contoh : Who Wants to Be Millionaire.
B. Board
game
Jenis game ini hampir mirip seperti game board tradisional. game ini lebih menekankan
kemampuan komputer menjadi lawan tanding pemain.
Dalam permainan
ini kita di haruskan memiliki kemampuan yang andal untuk bisa menjadikan game ini menantang bagi pemain
dengan baik.
Contoh game ini
adalah game Catur.
C. Puzzle game
Jenis game ini
memberikan tantangan kepada pemainnya. Game
puzzle berisi tentang permainan menyusun benda acak menjadi
sebuah benda utuh.
Contoh game ini adalah Tetris, Bejeweled,
Minesweeper.
D. SIMS
Jenis game ini lebih mengarah pada permainan simulasi , game ini berbeda dengan
Flight Simulator. Di permainan ini kita adalah pemimpin area, kota, negara,
atau koloni. Kita berhak membangun dan mengatur seluruh wilayah yang kita
pimpin. Kita berhak mengatur sumber daya dan menentukan berbagai keputusan yang
kita inginkan dalam proses pembangunan yang sedang terjadi.
Contoh game ini adalah Ship
Simulator, Train Simulator, dll.
Kesimpulan
Yang pertama
adalah Adanya perbedaan secara signifikan hasil belajar antara siswa yang
pembelajarannya menggunakan media Game Edukasi dengan hasil belajar
siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan Game Edukasi Komputer akan
berhasil dan terbukti jika para pendidik melakukan perubahan metode.
Yang kedua Pembelajaran
menggunakan Game Edukasi sangat efektif dan mampu menjadikan siswa lebih
aktif dan dapat meningkatkan minat, motivasi, serta kreatifitas siswa dalam
belajar.
Saran saya adalah
1. Para pendidik
harus melakukan variasi dalam metode pembelajaran agar lebih efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilakukan dengan menjadikan game
edukasi sebagai media pembelajaran.
2.seharusnya pihak sekolah
mendukung dan memberikan fasilitas kepada pendidik untuk
menerapkan penggunaan media
pembelajaran yang lebih variatif, inovatif
berupa game edukasi.
0 komentar:
Posting Komentar