♥ Selamat Datang Diblog Kami♥Blog ini kami buat untuk mengikuti lomba JBITC Dengan Tema : ”BE THE NEXT AGENT OF TECNOLOGY”
image1 image2 image3 image3

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI|TEKNOLOGI SEBAGAI SEMANGAT PERUBAHAN | MARI LAKUKAN PERUBAHAN POSITIF|MULAI DARI DIRI KITA|UNTUK MASA DEPAN INDONESIA|

AGENTS BE ON THE WORLD EDUCATION TECHNOLOGY CURRENTLY



PENGERTIAN TEKNOLOGI
Teknologi merupakan suatu alat atau kumpulan dari berbagai alat yang termasuk mesin atau modifikasi pengaturan serta prosedur yang digunakan manusia,teknologi sangat berpengaruh terhadap manusia dan kemampuan spesies atau hewan lain untuk mengendalikan serta beradaptasi dengan lingkungan alami mereka.penerapan ini biasanya dilakukan untuk daerah-daerah tertentu contohnya : teknologi pertanian,dan teknologi komunikasi serta teknologi informasi
Tidak dipungkiri lagi bahwa dunia saat ini tidak ada lagi sekat yang memisahkan suatu wilayah dengan wilayah lain. Ini semua akibat dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, mau tidak mau, suka tidak suka, senang tidak senang kita sudah berada dalam “Era Teknologi Informasi”. Karena itu informasi dan komunikasi memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, permasalahan mendasar yang harus segera ditanggulangi bagi kehidupan masyarakat pada umumnya adalah masalah kebodohan dan kemiskinan. Masalah ini dinilai sangat penting dan mendesak untuk ditanggulangi
bersama terutama tebas kebodohan untuk dirubah menjadi manusia Indonesia yang cerdas dan berkemampuan serta beradab melalui peningkatan kesejahteraan taraf hidup masyarakat.Peranan komunikasi dan informasi menjadi penting dan strategis karena menjadi salah satu sarana berkomunikasi yang efektif bagi masyarakat dan siswa dan mempunyai nilai tambah ekonomis dalam dunia usaha, sehingga peranan teknologi media cetak dan media elektronik sebagai alat Penyampaian informasi diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang berbasis teknologi.


DAMPAK POSITIF  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PENDIDIKAN
Dampak Positif
  1. Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan.
  2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
  3. Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi.
  4.  Pemenuhan  kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat.
  5. peningkatan pembelajaran - memasuki zaman modern saat ini kita telah mengenal kamera, proyektor, aplikasi persentasi seperti powerpoint, adanya kemajuan teknologi ini sangat membantu para guru untuk membuat kelas lebih menarik dan interaktif sehinnga akan menghasilkan murid yang lebih baik.
  6. tidak ada jarak - untuk saat ini kita mengenal gadget,pc,handphone,laptop semua perangkat teknologi tersebut dapat membantu para murid untuk mencari info kapan saja dan dimana saja.
Dampak Negatif 
  1.   Siswa menjadi malas belajar
  2. Terjadinya pelanggaran Asusila.
  3. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar.
  4. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.
  5. Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam
  6. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.
  7. Tidak hanya dampak positif dan negativ saja.di indonesia juga mengalami berbgai masalah tentang teknologi
    MASALAH-MASALAH TEKNOLOGI DI INDONESIA
  1. Timbulnya anggapan bahwa hidup di luar negeri selalu serba lebih nyaman, canggih, modern, dan menyenangkan. 
  2.  Berkurangnya motivasi warga Indonesia untuk mempelajari dan melestarikan tradisi dan budaya Negara Indonesia karena dianggap kuno, ketinggalan zaman,
  3.  Lahirnya anggapan bahwa tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi di Indonesia tidak dihargai dengan baik. 
  4.  Menurunnya minat warga Indonesia untuk membeli dan menggunakan produk Indonesia.
  5. Tingkat pemilikan telepon (fixed line) di Indonesia hanya 3,5%, jauh bila dibandingkan negara-negara lain yang rata-rata sudah di atas 10%.
  6. Angka pembajakan software di Indonesia sangat tinggi yang mencapai 88%, tertinggi ketiga di dunia setelah Vietnam dan RRC
  7.  Kejahatan dunia maya (cybercrime) yang semakin gawat, 
  8.  Penetrasi internet di Indonesia masih sangat rendah (sekitar 1-2%), apalagi dengan semakin melambungnya tarif jasa telekomunikasi yang masih dimonopoli

CARA-CARA UNTUK MENJADI AGENT TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
  1. 1.Membangkitkan serta menumbuhkan kebutuhan siswa untuk berubah
Seorang agen teknologi awalnya sering membantu siswa menjadi sadar akan kebutuhan untuk merubah sikap/tingkah laku mereka. Dalam tujuan untuk memulai proses perubahan, agen perubahan mengusulkan alternatif baru dari masalah yang terjadi, menguraikan dengan baik dan jelas pentingnya masalah tersebut untuk diatasi, dan meyakinkan siswa/kelien bahwa mereka mampu dan bisa untuk menghadapi masalah tersebut. Agen teknologi menilai kebutuhan siswa sangat penting serta membantu siswa  untuk mendapat kebutuhan yang lebih baik dalam pendidikanya.
  1. 2. Memantapkan hubungan pertukaran informasi dengan seorang siswa
Ketika kebutuhan akan perubahan dibuat/diciptakan, seorang agen teknologi harus mengembangkan hubungan dengan siswa . seorang Agen teknologi dapat meningkatkan hubungan dengan  siswa dengan sikap dapat dipercaya (credible), kompeten, dan terpercaya (trustworthy) dan juga empati terhadap kebutuhan dan masalah siswa. siswa harus menerima agen perubahan sebelum mereka akan menerima inovasi yang dipromosikannya. Inovasi dinilai pada dasar bagaimana agen teknologi itu dirasakan oleh siswa.
  1. 3. Mendiagnosa masalah yang dihadapi oleh seorang siswa
Agen teknologi  bertanggung jawab untuk menganalisis masalah para siswa untuk menentukan mengapa alternatif yang ada tidak cocok dengan kebutuhan mereka. Dalam menuju kesimpulan analisis, agen perubahan harus melihat situasi dengan empatik dari sudut pandang klien. Disini agen perubahan akan mencoba untuk mengetahui masalah apa yang dihadapi siswa dan mencoba menemukan inovasi yang paling tepat.,artinya kesimpulan diagnosa harus berdasarkan analisa situasi dan psikologi siswa, dan bukan berasal dari pandangan pribadi agen teknologi.
  1. 4. Membangkitkan kemauan siswa untuk bisa berubah
agen teknologi harus mengeksplorasi/menyelidiki bermacam-macam kesempatan dari tindakan yang dapat mengantarkan siswa mencapai tujuan mereka, agen teknologi  mencari cara agar mereka tertarik dengan inovasi. Namun, cara yang digunakan harus tetap berorientasi pada siswa, artinya adalah berpusat pada kebutuhan siswa untuk berubah dan jangan terlalu menonjolkan inovasi.
  1. 5.Mewujudkan kemauan dalam perbuatan
Agen teknologi mencoba untuk mempengaruhi sikap siswa dalam menyesuaikan saran/rekomendasi berdasarkan kebutuhan para siswa. Jaringan interpersonal juga mempengaruhi dari pengamatan jarak dekat yang paling penting pada tahap persuasi dan keputusan dalam proses pengambilan keputusan inovasi. Agen teknologi dapat secara efektif menstabilkan perilaku baru di kalangan sistem siswa melalui penguatan pesan kepada siswa yang sudah mengadopsi.
  1. 6. Mencegah tidak berkelanjutanya inovasi dan Menjaga kestabilan penerimaan inovasi
Agen teknologi mungkin secara efektif menstabilkan tingkah laku baru dalam dunia pendidikan sampai menguatkan pesan kepada siswa yang telah mengadopsi, dengan demikian seperti “membekukan” tingkah laku/sikap baru dari siswa. Bantuan ini diberikan ketika seorang siswa sedang berada pada tahap implementasi atau konfirmasi dalam proses keputusan inovasi.
  1. 7. Mengakhiri hubungan ketergantungan dengan siswa
Tujuan akhir dari agent teknologi adalah untuk mengembangkan sikap memperbaharui diri (self-renewing) dalam bagian dari siswa. Ketika perubahan telah terjadi pada siswa dan dipandang telah stabil, maka seorang agen teknologi harus dapat menarik dirinya untuk keluar dari urusan dengan mengembangkan kemampuan siswa untuk menjadi change agent bagi dirinya sendiri. Dengan kata lain, change agent berusaha untuk merubah sistem pemblajaran siswa dari posisi mempercayai change agent menjadi mempercayai dirinya sendiri atau seseorang dari kalangan mereka sendiri.

Kesimpulanya adalah bahwasanya Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi itu memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan lebih cepat kita bisa mendapatkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. didalam dunia pendidikan perkembangan akan suatu teknologi informasi mulai mempunyai dampak yang positif hal itu dikarenakan dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Akan tetapi semua itu tidak terlepas dari sisi negatifnya

seiring dengan berkembangnya era globalisasi masalah teknologi informasi dan teknologi masih belum merata atau masih ada kesenjangan. Untuk itu,yang saya harapkan adalah semua pihak harus mulai memikirkan bagai mana supaya pendidikan di indonesia bisa menjadi lebih baik lagi seperti program untuk meningkatkan dan memeratakan akses terhadap teknologi informasi di dunia pendidikan. seperti Pemerintah membagikan komputer layak pakai ke sekolah-sekolah yang tertinggal yang jauh dari akses informasi,dan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan melek (literacy) serta pemahaman terhadap potensi TI, mengadakan lomba website atau lomba bloger sekolah dan lain-lain .

Share this:

CONVERSATION

1 komentar:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    Over 160 thousand men and women are losing weight with a easy and secret "liquids hack" to burn 2lbs every night as they sleep.

    It is effective and works every time.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Grab a glass and fill it half glass

    2) Proceed to use this weight losing HACK

    and you'll become 2lbs lighter the next day!

    BalasHapus