♥ Selamat Datang Diblog Kami♥Blog ini kami buat untuk mengikuti lomba JBITC Dengan Tema : ”BE THE NEXT AGENT OF TECNOLOGY”
image1 image2 image3 image3

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI|TEKNOLOGI SEBAGAI SEMANGAT PERUBAHAN | MARI LAKUKAN PERUBAHAN POSITIF|MULAI DARI DIRI KITA|UNTUK MASA DEPAN INDONESIA|

GAME EDUKASI KOMPUTER SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Game edukasi merupakan media pembelajaran yang sangat populer dan sedang banyak dikembangkan banyak ahli untuk mendukung proses pembelajaran di dalam kelas. Game edukasi merupakan sebuah permainan yang bertujuan memancing minat belajar anak sambil bermain, game edukasi sebenarnya lebih mengacu pada isi dan tujuan game, bukan termasuk dalam genre game yang sebenarnya dan bertujuan memancing minat anak sambil belajar. Oleh karena itu sangat diperlukan adanya sebuah media pembelajaran berupa game edukasi yang mampu memberi efek menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam proses pembelajarannya, sehingga siswa mampu dengan mudah menerima materi yang diberikan oleh para pendidik. Media yang umumnya masih banyak digunakan saat ini adalah media berupa buku mata pelajaran. Buku merupakan media konvensional yang masih digunakan hingga saat ini. Kecenderungan membaca buku mata pelajaran pada siswa cenderung rendah. Rendahnya minat siswa membaca buku mata pelajaran dikarenakan buku merupakan media pembelajaran yang monoton, kurang menarik dan membosankan. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa.


Perbedaan hasil belajar antara siswa yang sistem pembelajarannya menggunakan media game edukasi komputer dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan buku.

Pembahasan berkaitan dengan penggunaan media Game Edukasi Komputer dalam pembelajaran pada kelompok siswa yang diajar menggunakan Game Edukasi Komputer dengan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan Game Edukasi Komputer. Dengan menggunakan media pembelajaran game edukasi siswa lebih tertarik untuk belajar karena metode pembelajaran yang ini lebih menarik minat belajar siswa yang akan berdampak pada hasil belajar, sedangkan jika menggunakan metode pembelajaan buku siswa akan terkesan cenderung pasif dan lebih mengandalkan guru ceramah di depan dan akan sangat berdampak pada hasil belajar siswa itu sendiri.
Berdasarkan materi pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media Game Edukasi Komputer dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran buku.

penggunaan Game Edukasi Komputer lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada saat pembelajaran ?

Media pembelajaran menggunakan Game Edukasi dapat meningkatkan minat, motivasi, serta kreatifitas siswa dalam belajar. Penggunaan Game Edukasi pada pembelajaran juga dapat merangsang daya ingat siswa dan membuat siswa lebih aktif, dengan metode ini siswa akan lebih mudah mencapai hasil yang memuaskan, siswa lebih bersemangat dan mudah menyerap materi yang diajarkan. Media pembelajaran harus menjadi tujuan utama sehingga siswa tertarik untuk mengikuti proses belajar mengajar sehingga  kegiatan belajar mengajar menjadi tidak membosankan dan monoton.
Di era globalisasi ini, para pendidik di tuntut mengikuti perkembangan teknologi untuk pembaharuan dalam dunia pembelajaran. Media Game Edukasi adalah salah satu solusi metode pembelajaran yang mampu meningkatkan perhatian dan motivasi siswa sehingga akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Game Edukasi efektif untuk meningkatka hasil belajar.

Contoh game yang sesuai  untuk di jadikan media pembelajaran game edukasi ?

Dalam bahasa Indonesia game artinya permainan. Game di artikan sebagai suatu aktivitas yang menyenangkan dan tidak membuat bosan. Berikut contoh jenis-jenis game
yang bisa dijadikan sebagai game edukasi :

A.  Quiz game
Game ini sangat dalam cara bermain. Kita di haruskan memilih salah satu jawaban yang kita anggap benar dari beberapa pilihan jawaban. Di setiap pertanyaan yang diberikan memang memiliki topik tertentu dan ada juga yang topiknya beragam.
   Contoh : Who Wants to Be Millionaire.

B.  Board game
Jenis game ini hampir mirip seperti game board tradisional. game ini lebih menekankan kemampuan komputer menjadi lawan tanding pemain.
Dalam permainan ini kita di haruskan memiliki kemampuan yang andal untuk bisa menjadikan game ini menantang bagi pemain dengan baik.
   Contoh game ini adalah game Catur.

C. Puzzle game
Jenis game ini memberikan tantangan kepada pemainnya. Game puzzle berisi tentang permainan menyusun benda acak menjadi sebuah benda utuh.
   Contoh game ini adalah Tetris, Bejeweled, Minesweeper.

D. SIMS
Jenis game ini lebih mengarah pada  permainan simulasi , game ini berbeda dengan Flight Simulator. Di permainan ini kita adalah pemimpin area, kota, negara, atau koloni. Kita berhak membangun dan mengatur seluruh wilayah yang kita pimpin. Kita berhak mengatur sumber daya dan menentukan berbagai keputusan yang kita inginkan dalam proses pembangunan yang sedang terjadi.
   Contoh game ini adalah Ship Simulator, Train Simulator, dll.

Kesimpulan

Yang pertama adalah Adanya perbedaan secara signifikan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media Game Edukasi dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan Game Edukasi Komputer akan berhasil dan terbukti jika para pendidik melakukan perubahan metode.
Yang kedua Pembelajaran menggunakan Game Edukasi sangat efektif dan mampu menjadikan siswa lebih aktif dan dapat meningkatkan minat, motivasi, serta kreatifitas siswa dalam belajar.
Saran saya adalah
1. Para pendidik harus melakukan variasi dalam metode pembelajaran agar lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilakukan dengan menjadikan game edukasi sebagai media pembelajaran.
2.seharusnya pihak sekolah mendukung dan memberikan fasilitas kepada pendidik untuk
menerapkan penggunaan media pembelajaran yang lebih variatif, inovatif  berupa game edukasi.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar