♥ Selamat Datang Diblog Kami♥Blog ini kami buat untuk mengikuti lomba JBITC Dengan Tema : ”BE THE NEXT AGENT OF TECNOLOGY”
image1 image2 image3 image3

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI|TEKNOLOGI SEBAGAI SEMANGAT PERUBAHAN | MARI LAKUKAN PERUBAHAN POSITIF|MULAI DARI DIRI KITA|UNTUK MASA DEPAN INDONESIA|

KARYA TULIS ILMIAH PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA BELAJAR SISWA



PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA BELAJAR SISWA





SMK NEGERI 1 LAMONGAN
                JL. Jendral Panglima Sudirman No.65,  62212






BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Jika kita tengok ke belakang, dunia yang kita tempati saat ini sudah melewati banyak zaman. Perkembangan zaman ini berkat kerja keras umat manusia yang tiap harinya selalu memunculkan penemuan-penemuan baru yang dapat mengubah dunia. Adanya perubahan zaman tersebut menunjukkan bahwa dunia ini tidak statis, namun dinamis, terus berkembang, mengalami kemajuan, pembangunan, yang pada dasarnya semua ini mengalami perubahan. Perubahan suatu zaman yang semakin maju dan modern baik dari sisi tekhnologi maupun kamunikasi yang selalu berubah secara pesat atau mudah.
Perkembanganpun terus berlanjut pada detik ini juga, dunia telah memasuk era baru yaitu Era Globalisasi. Di era ini, teknologi informasi berperan sangat penting. Globalisasi disebut juga sebagai proses atau kegiatan yang berpengaruh terhadap seluruh dunia dan melibatkan banyak orang yang mempunyai kebutuhan atau kepentingan yang sama . Dua hal yang sangat mencolok dan yang paling menjadi ciri – ciri era globalisasi adalah adanya kecepatan informasi dan kecanggihan teknologi . Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Jika di era ini manusia tidak menguasai teknologi informasi sama saja seperti buta huruf.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Perkembangan teknologi bukan hanya dititik beratkan pada fungsinya tetapi juga diperhitungkan seberapa efektif teknologi tersebut dapat memudahkan usaha manusia.
Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Banyak dampak positif maupun negatif  yang dirasakan masyarakat. Bermacam-macam jenis di dalam Situs media social di internet seperti : facebook, twitter, instagram, path dan sebagainya. Media sosial juga merambah di berbagai kalangan mulai dari para orang tua hingga anak dibawah umur terutama di kalangan pelajar. Sehingga adanya media sosial memberikan pengaruh serta dampak dalam dunia pendidikan. Dampak buruk yang mungkin terjadi adalah menurunnya pola belajar siswa, dimana pola belajar merupakan hal yang penting untuk menentukan hasil belajar siswa. Media sosial memberikan pengaruh langsung maupun tidak langsung, baik negatif maupun positif. Dikalangan pelajar media sosial cenderung digunakan sebagai alat berkomunikasi. Banyak pelajar menghabiskan waktu seharian hanya untuk aktif di dalam media sosial, menurut mereka aktif di media sosial dapat membuat mereka “tenar/hits”. Menurut mereka media sosial lebih penting dari pada harus belajar yang menurut mereka membosankan. Hilangnya waktu belejar adalah salah satu dampak yang di akibatkan oleh terlalu aktifnya mereka di media social. Seharusnya penggunaan media social  dimanfaatkan sebaik mungkin, bukan berarti tidak boleh aktif di media social tetapi harus ada batasan, namun harus diingat kewajiban sebagai seorang pelajar yaitu belajar. Jadikanlah pendidikan sebagai ptioritas utama dan media social hanya sebagai selingan di waktu senggang.
Dampak yang luar biasa juga ditimbulkan dari media sosial terhadap para siswa. Harus ada kerjasama yang baik antara orang tua dan guru. Orang tua memiliki peran penting dalam keberhasilan prestasi siswa. Banyak siswa yang lebih cenderung fokus kepada media sosial dari pada belajar dan akan sangat berpengaruh pada pola belajar siswa. Hal ini akan mengakibatkan hasil prestasi siswa.

IDENTIFIKASI MASALAH
1. Siswa lebih cenderung memilih media sosal dari pada belajar sehingga akan berdampak pada pola belajar siswa.
2. Media sosial juga mendukung interaksi sosial berupa dialog interaktif.
3. Karena pengaruh media sosial yang akan membuat prestasi siswa menurun apa yang bisa di lakukan dalam pengurangan penggunaan media sosial.

RUMUSAN MASALAH
      1. Interaksi/hubungan yang lebih menarik sehingga siswa lebih cenderung kepada media sosial.
      2.  Pengaruh dari media sosial terhadap pola belajar siswa.
      3.  Solusi yang tepat untuk menurun minat siswa terhadap media sosial.

  
BAB II
PEMBAHASAN

1. Interaksi/hubungan yang lebih menarik sehingga siswa lebih cenderung kepada media sosial.
            Di dalam media sosial terdapat beberapa hal yang menarik, seperti saling komentar antar pengguna media sosial. Hal ini yang membuat siswa lebih cenderung fokus tehadap media sosial dari pada belajar, dan akan berdampak pada pola belajar siswa.
            Pengguna media sosial akan meninggalkan aktifitasnya untuk sekadar bermain media sosial ketika pengguna lebih cenderung ke media sosial akan sangat berdampak pada aktifitas sosial pengguna. Para siswa akan akan meninggalkan aktifitasnya terutama belajar dan hal ini akan pada prestasi siswa serta pola belajar.

2.  Pengaruh dari media sosial terhadap pola belajar siswa.
Akibat yang akan sangat terlihat adalah hasil belajar, pengaruh dari media sosial ini akan bervariasi mulai dari pola belajar hingga hasil belajar. Tidak akan ada perubahan pada diri siswa karena pola belajar siswa yang kurang efektif yang diakibatkan oleh media sosial, begitu pula dengan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan, media sosial akan berpengaruh buruk jika tidak di imbangi dengan pembelajaran yang sesuai dan hal ini juga akan sangat merugikan di kalangan orang tua karena sia-sia saja minbiayai anak mereka jika anak meraka tidak belajar secara efektif dan tidak mencapai hasil belajar ang kompeten.

3.  Solusi yang tepat untuk menurun minat siswa terhadap media sosial.
            Sebagai seorang pendidik kita di diharuskan mengawasi serta memberi semangat belajar kepada setiap peserta didik sehingga peserta didik tidak cenderung fokus terhadap media sosial mereka, dan solusi jika para peserta masih memainkan media sosialnya pendidik di haruskan memiliki media pebelajaran yang menarik minat belajar peserta didik, salah satu media pembelajaran yang bisa menarik minat belajar siswa adalah dengan menggunakan game edukasi , dimana game edukasi ini dirancang/dibuat khusus untuk media pembelajaran sehingga siswa merasa bahwa pembelajaran yang di berikan para pendidik lebih menantang dan memberikan kesenangan serta  kekompakan sesama peserta didik. Melalui game edukasi ini peserta didik lebih tertarik pada pembelajaran di bandingkan dengan media sosialnya. Melalui game edukasi akan memunculkan kreatifitas para siswa.


  
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN
            Dari pembahasan di atas , dapat disimpulkan bahwa :
Penggunaan media sosial di Indonesia perlu dibatasi agar tidak merugikan siswa. Peran orang tua sangat dibutuhkan, karena orang tua mempunyai wewenang untuk melakukan pembatasan terhadap anak-anaknya. Media sosial akan berdampak buruk jika pemakaianya secara berlebihan, di kalangan pelajar media sosial sebetulnya memberikan manfaat yang baik jika penggunaannya tidak berlebihan, jika penggunaannya berlebihan akan berdampak buruk pada pola belajar serta hasil belajar siswa.

SARAN
Para orang tua harus mengawasi anak-anak meraka ketika menggunakan media sosial. Para guru harus dapat mengalihkan perhatian meraka dari media sosial ke belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa serta harus memberikan pengarahan yang sesuai kepada siswa. Seharusnya, para siswa yang menggunakan media sosial seharusnya pandai-pandailah mengendalikan diri dan manfaatkan teknologi ini secara bijak dan baik.





















Share this:

CONVERSATION

2 komentar:

  1. sangat membantu sbg refereni guru dlm mmbuat karya tulis yg lain

    BalasHapus
  2. As reported by Stanford Medical, It is indeed the one and ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh 19 KG lighter than us.

    (And actually, it is not about genetics or some secret diet and absolutely EVERYTHING to "how" they are eating.)

    BTW, I said "HOW", and not "what"...

    Tap on this link to discover if this short quiz can help you unlock your true weight loss possibility

    BalasHapus